Management Public Relation
Dapat dikatakan sebagai penerapan fungsi-fungsi management seperti perencanaan, pengorganisasian, penstaffan, pemimpinan dan evaluasi dalan kegiatan hubungan antara masyarakat.
Dari pernyataan tersebut management Public Relation sebagai bentuk penelolaan PR dengan menerapkan fungsi-Fungsi management yaitu melakukan penelitian, perencanaan dan evaluasi terhadap program yang telah dibuat dan di laksanakan.
1. Penelitian
Merupakan cara untuk memperoleh informasi dari public dan internal maupun external untuk memahami masalah yang dihadapi dengan akurat.
2. Perencanaan dan Program
Segala informasi atau data masukan atau input yang diperoleh berkaitan dengan hal atau permasalahan yang di hadapi ke dalam bentuk rencana tindakan untuk pemecahannya. Sejumlah prinsip harus diperhatikan dalam perencanaan program antara lain : sifat, waktu, dan lingkungan. serta memperhatikan semua pihak yang terlibat dalam perencanaan tersebut.
3. Pelaksanna Program
Dimana rencana program yang telah ditetapkan dilaksanakan atau diimplementasikan ke dalam bentuk program sebagai langkah nyata dalam pemecahan masalah PR yang sedang dihadapi.
4. Evaluasi
Merupakan tahapan yang dilaksanakan untuk menentukan atau memperlihatkan nilai suatu program termasuk pengelolaan maupun hasil atau dampak dari pelaksanaannya. melalui proses evaluasi PR akan mengetahui faktor keberhasilan atau kegagalan dari suatu program, sehingga dapat ditentukan langkah selanjutnya yang harus dilakukan.
Merupakan tahapan yang dilaksanakan untuk menentukan atau memperlihatkan nilai suatu program termasuk pengelolaan maupun hasil atau dampak dari pelaksanaannya. melalui proses evaluasi PR akan mengetahui faktor keberhasilan atau kegagalan dari suatu program, sehingga dapat ditentukan langkah selanjutnya yang harus dilakukan.
4 fungsi utama seorang Public Relation dalam management yaitu :
1. Communicator
Sebagai juru bicara, berkomunikasi secara intensif melalui media dan kelompok masyarakat.
2. Relationship
Memperbaiki dan menjaga Relationship yang tidak harmonis dan beresiko menimbulkan ketidakpuasan publik yang pada akhirnya mengancam kelangsungan bisnis.
3. Management backup
Menunjang semua kegiatan departement lain yg ada diprusahaan agar terciptanya tujuan bersama.
4. Good image maker
Menciptakan citra prusahaan dan publisitas yg positif.
Komunikasi dalam management
Dari suatu management yang menunjukkan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab antara atasan dan bawahan dalam sistem yang berbeda.
Komunikasi management merupakan hal yang sangat penting sesuai dengan pendapat GR Terry "Managenet is a communication" yaitu dalam menyampaikan instruksi di suatu pihak, dan pelaksanaan kewajiban dilain pihak.
Komunikasi management merupakan hal yang sangat penting sesuai dengan pendapat GR Terry "Managenet is a communication" yaitu dalam menyampaikan instruksi di suatu pihak, dan pelaksanaan kewajiban dilain pihak.
Bentuk-bentuk dalam komunikasi management yaitu :
- komunikasi vertikal
Yaitu komunikasi dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas secara timbal balik.
Contoh : Atasan memberu instruksi, petunjuk, informasi dan sebagainya.
Sedangkan bawahan memberikan laporan, saran, pengaduan dll.
- Komunikasi horizontal
Komunikasi secara mendatar antara anggota staf, sesama karyawan, dan sering kali berlangsung tidak formal.
-Komunikasi External
Komunikasi antara pemimpin dengan khalayak di luar prusahaan seperti instansi pemerintah, departement, dan perusahaan-perusahaan lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar