Jumat, 29 Maret 2019

Pengantar Dasar Public Relation





Pengembangan Public Relation

Dalam kurun waktu 100 tahun terakhir ini Public Relation telah mengalami perkembangan yang sangat cepat pada siginifikan baik di indonesia sendiri maupun di negara lain belahan dunia.
Sejarah perkembangan Public Relation sendiri sejalab dengan perkembangan manusia, artinya sejak manusia ada, manusia butuh berkomunikasi untuk saling memahami satu sama lain dan sejak itu pula Public Relation ada.
Proses perkembangan Public Relation sendiri tidak selalu sama antara negara yang satu dengan negara yang lainnya karena proses sejarah perkembangan Public Relation itu sendiri tergantung pada situasi masyarakat yang cukup kompleks dan selalu berubah-ubah setiap generasi.
Dimasa mendatang Public Relation akan mengalami pertumbuhan pesat dan sangat luar biasa. Sejarah perkembangan Public Relation juga terkait dengan keberadaan manusia sebagai unsur-unsur pemberi informasi yang akan mengembangkan Public Relation itu sendiri.3

Definisi Public Relation

Public Relation adalah suatu proses komunikasi dua arah yang bertujuan untuk mencapai opini public dan membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama antara perusahaan dan public agar terciptanya kepercayaan dan hubungan baik antara perusahaan dan masyarakat. Adanya rasa saling pengertian dan menumbuhkan citra positif dan terciptanya partisipasi public yang baik di masyarakat.



Tujuan Public Relation

Mempengaruhi orang atau kelompok melalui dialog dimana persepsi, sikap dan opininya serta mengubah citra umum di masyarakat.

Bonar merumuskan tujuan PR yaitu :

• Public Understanding (Pengertian Public)
• Public Confidence (Kepercayaan Public)
• Public Support (Dukungan Public)
• Public Coorperation (Kerjasama Public)

Fungsi Public Relation menurut Onong Uchjana Effendy :

1. Menunjang kegiatan management dalam mencapai tujuan dari management.
2. Membangun dan menjaga hubungan harmonis antara perusahaan dengan public baik internal maupun eksternal.
3. Menciptakan komunikasi dua arah dan timbak balik dengan menyebarkan informasi dari perusahaan dengan public dan menyalurkan opini kepada perusahaan.
4. Melayani public dan membantu memberikan pendapat dan nasehat kepada pimpinan demi kepentingan umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Produksi Multimedia dan Pengelolaan Sosial Media

Produksi Multimedia Produksi Multimedia  Metode yang paling umu dipakai pada proses produksi Multimedia adalah yang biasa disebut ...